Selasa, 13 November 2012

PROGRAM PERPUSTAKAAN SMK KES BHAKTI MEDIKA CIANJUR

PROGRAM PERPUSTAKAAN SEKOLAH SMK BHAKTI MEDIKA CIANJUR TAHUN PELAJARAN 2012/2013 Dani Andriana N, S.Pd A. PENDAHULUAN Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan dengan tujuan usaha membantu sekolah untuk mencapai tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya … (Sulistyo Basuki, 1993). Di samping itu dalam penjelasan Undang-undang Pendidikan Nasional kita, di sebutkan bahwa salah satu sumber belajar di sekolah yang amat penting tetapi bukan satu satunya adalah perpustakaan. Sebagai salah satu sumber belajar di sekolah perpustakaan membantu tercapainya misi dan visi sekolah tersebut. Mengingat pentingnya peran perpustakaan sekolah maka perlu adanya suatu pengelolaan atau manajemen yang tepat dan cepat sehingga fungsi perpustakaan sekolah benar-benar terwujud. Namun masalahnya sekarang adalah tidak sedikit perpustakaan sekolah yang pengelolaannya masih kurang profesional. Kalaupun sudah baik, bagaimana perpustakaan sekolah mampu memenuhi kebutuhan penggunanya akan berbagai pengetahuan dan informasi secara mudah dan cepat di era globalisasi ini. Untuk itu diperlukan suatu sistem yang menarik agar perpustakaan sekolah dapat hidup dan lestari di lingkungan sekolah dengan memanfaatkan sarana yang memadai. Akan tetapi mampukah para pengelola perpustakaan terutama kepala sekolah sebagai stake holder di sekolah mewujudkan perpustakaan sekolah yang diminati citizen akademik SMK Bhakti medika Cianjur ? Perpustakaan sebagai jantung sebuah lembaga pendidikan, sudah selayaknya mendapatkan porsi dan posisi yang strategis guna merealisasikan visi dan misi sekolah. Semua pihak, khususnya kepala sekolah harus memberi perhatian lebih akan eksistensi perpustakaan di sekolah, dan tidak lagi dianggap sebagai tempat menyimpan buku bekas, barang-barang tidak terpakai, bahkan tempat bermain saat tidak ada KBM. Hal ini tentu sangat ironis dan tidak mendidik. Dari berbagai sudut pemikiran diatas, Perpustakaan SMK Bhakti Medika Cianjur berupaya melakukan terobosan dan revitalisasi peran dan fungsi perpustakaan sekolah untuk mendukung program dan visi-misi sekolah. Berbagai program dan terobosan yang direncanakan, diharapkan dapat memberi ruang yang lebih besar agar perpustakaan sekolah sebagai center of knowledge dapat terealisasi secara optimal. B. DASAR HUKUM 1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional; 2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan; 3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan; 4. Surat Keputusan Ketua Yayasan Adhi Guna Kencana Cianjur Nomor…. Tahun … tentang pengangkatan Koordinator SMK Bhakti Medika Cianjur Perpustakaan 5. Surat Keputusan Kepala SMK Bhakti Medika Cianjur Nomor…. Tahun.. tentang perpustakaan sekolah. C. TUJUAN C.1 TUJUAN UMUM Menjadi perpustakaan sekolah yang menarik dan memadai terdepan di Cianjur serta pusat IPTEK dan sumber belajar warga sekolah guna mendukung kegitan belajar mengajar di sekolah dan merealisasikan visi misi serta suksesnya program SKM. C.2. TUJUAN KHUSUS 1. Mengembangkan minat, kemampuan, dan kebiasaan membaca khususnya serta mendayagunakan budaya tulisan, dalam berbagai sector kehidupan; 2. Mengembangkan kemampuan mencari dan mengolah serta memanfaatkan informasi; 3. Mendidik siswa agar memelihara dan memanfaatkan bahan pustakan secara tepat guna dan berhasil guna; 4. Meletakkan dasar kearah proses pembelajaran mandiri; 5. Memupuk dan mengembangkan minat dan bakan siswa; 6. Menumbukan penghargaan siswa terhadap pengalaman imajinatif; 7. Mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi atas tanggungjawab dan usaha sendiri; C.3. TUJUAN STRATEGIK 1. Melaksanakan layanan perpustakaan yang menarik dan memadai; 2. Mewujudkan qualitas dan quanitas buku bacaan dan referensi; 3. Melayani semua warga sekolah dengan layanan prima; 4. Menerapkan administrasi pustaka yang professional dan akuntabel; D. FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH Perpustakaan Sekolah berfungsi sebagai pusat belajar mengajar, pusat informasi, pusat penelitian sederhana dan rekreasi sehat melalui bacaan hiburan. Dalam kaitan dengan kurikulum yang diterapkan di SMK Bhakti Medika Cianjur, perpustakaan sekolah berfungsi: 1. Wadah atau wahana pengetahuan, administrasi dan organisasi yang sesuai sehingga memudahkan penggunaannya; 2. Sumber rujukan (reference centre) siswa, guru, tenaga bimbingan, tenaga administrasi dan pegawai yang berada dibawah naungan SMK Bhakti Medika Cianjur 3. Sarana pendukung dalam proses belajar mengajar, guna mencapai tujuan pendidikan nasional; 4. Pusat informasi bagi kegiatan belajar mengajar; 5. Sumber yang menyediakan bahan-bahan yang bermanfaat bagi kegiatan penunjang kegiatan belajar mengajar, seperti kegiatan yang berkaitan dengan budaya, seni, kreasi dan budaya. E. SASARAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH 1. Para siswa SMK Bhakti Medika Cianjur 2. Kepala sekolah dan guru SMK Bhakti Medika Cianjur 3. Staf administrasi dan tatalaksana SMK Bhakti Medika Cianjur F. PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN SEKOLAH Rencana kerja perpustakaan sekolah yang tertuang dalam program kerja perpustakaan secara umum akan mengacu pada tugas pokok perpustakaan sekolah, tujuan institusi, visi dan misi sekolah. Hal ini didasari oleh kepentingan bersama untuk menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien. G.1. PROGRAM JANGKA PENDEK 1. Menyediakan dan menghimpun bahan pustaka, informasi, sesuai kurikulum sekolah; 2. Menyediakan dan melengkapi fasilitas perpustakaan sesuai kebutuhan; 3. Mengolah dan mengorganisasikan bahan pustaka dengan system tertentu shingga memudahkan penggunaannya; 4. Melaksanakan layanan perpustakaan yang sederhana, mudah dan menarik; 5. Meningkatkan minat bacan murid, guru, dan staf tata laksana; 6. Menambahkan koleksi bahan pustaka secara berkala untuk memenuhi kebutuhan pegguna layanan perpustakaan; 7. Pembuatan proposal permintaan buku/majalah/jurnal pada beberapa lembaga/instansi/penerbit tertentu; 8. Memelihara bahan pustaka agar tahan lama dan tidak cepat rusak. 9. Menerbitkan kartu perpustakaan bagi siswa, guru dan staf tata laksana; 10. Menerbitkan berbagai administrasi perpustakaan (kartu buku, kantong, lebeling, catalog buku, dll; 11. Inventarisasi, klasifikasi dan katalogisasi bahan pustaka; 12. Entry data anggota perpustakaan pada Sistim Informasi Perpustakaan (SIP); 13. Pelayanan peminjaman buku perpustakaan; 14. Penerbitan Surat Tandan Bebas Perpustakaan (STBP) bagi siswa kelas XII sebagai syarat pengambilan Ijazah; 15. Mengikuti beberapa lomba perpustakaan sekolah, baik tingkat kabupaten, provinsi atau nasional. G.2. PROGRAM JANGKA PANJANG 1. Merealisasikan qualitas dan quantitas buku minimal 1000 judul dengan 500.000 eks pada tahun 2015; 2. Terciptanya ruangan perpustakaan yang memadai, kondusif dan menyenangkan. H. RENCANA PROGRAM & ANGGARAN BIAYA PERPUSTAKAAN TAHUN 2012-2013 NO PROGRAM JUMLAH BIAYA PELAKSANAAN KETR. 01 1. Pembenahan ruang perpustakaan sebagai rumah belajar yang nyaman dan kondusif a. Pengadaan sarana perpustakaan (lemari buku, meja baca, kursi, lemari, kotak katalog, tempat penyimpanan Koran/majalah, lemari tempat TV, VCD, CD/DVD, dll); b. Pengadaan kordeng ruangan c. Pengadaan karpet d. Pengadaan kipas angin besar e. Mading/Pusat informasi perpustakaan 2. Pembenahan administrasi perpustakaan: a. Service & pembelian CD Writer komputer untuk perpustakaan b. Menyempurnakan software perpustakaan c. Cetak Kartu kendali buku d. Cetak kartu pinjaman e. Kantong buku f. Cetak Lebel buku g. Cetak Kartu perpustakaan h. ATK, dll 3. Pengadaan buku dan media belajar lainnya: a. Buku pelajaran @ 5 eks x 13 pel. X 3 kelas b. Pengadaan buku referensi c. Pengadaan buku pengetahuan umum, karya sastra, dll. d. Pengadaan CD/DVD pembelajaran yang memadai 4. Penerbitan kartu perpustakaan 5. Inventarisasi bahan pustaka 6. Entri buku pustakan pada SIM 7. Katalogisasi, lebeling buku pustaka 8. Pembuatan dan pengiriman proposal bantuan buku/jurnal/majalah dan bahan pustaka lainnya 9. Memanfaatkan SIM Perpustakaan 10. Mengikuti Lomba Perpustakaan 11. Perbaikan buku yang rusak 12. Pelayanan pinjaman bahan pustaka 13. Penerbitan Surat Tanda Bebas Perpustakaan (STBP) set set set buah buah set set lbr lbr lbr lbr lbr set buah (@ Rp.) buah buah @ 1 buah ( buah / bulan X 12 bulan X Rp. judul lbr paket Paket Paket bh Paket - Rp. Rp Rp. Rp. Rp Rp. Rp. Rp Rp. Rp Rp Rp Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. - Jumlah Rp.,- I. SUMBER DANA 1.Yayasan Adhi Guna Kencana Selaku donator tetap Perpustakaan SMK Bhakti Medika Cianur 2. RAPBS tahun 2012-2013; 3. Siswa baru tahun 2012-2013; 4. Pemerintah, lembaga swasta, penerbit dll. yang tidak mengikat J. JENIS-JENIS LAYANAN PERPUSTAKAAN 1. Peminjaman berbagai jenis buku pelajaran, referensi, sastra, majalah, dll. 2. Multimedia (TV, VCD/DVD, Infokus, dll 3. Pemutaran Film-film/CD/DVD pembelajaran K. STRUKTUR PENGELOLA PERPUSTAKAAN 1. Penanggungjawab : : () 2. Koordinaor Perpustakaan : 3. Pustakawan : ……. 4. Bag. Teknis : 5. Bag. Layanan/Sirkulasi : L. PENUTUP Program kerja perpustakaan ini merupakan acuan, pedoman dan rencana untuk 1 tahun. Program kerja ini diharapkan dapat menjadi titik awal kemajuan perpustakaan SMK Bhakti Medika Cianjur. Peran serta semua pihak sangat berpengaruh pada realisasi program ini. Karenanya, diharpkan semua pihak dapat terlibat baik secara langsung maupun tidak lagsung dalam rangka merealisasikan berbagai program yang telah dibuat. Cianjur, 2012 Menhetahui: Koordinator Perpustakaan Kepala SMK Bhakti Medika Cianjur NIP. NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar